Siapa bilang H.W Daendels hanya memberikan Kesengsaraan untuk rakyat indonesia



Mungkin di mata orang banyak Gubernur Jendral Hindia-Belanda ke 36 yang menjabat pada periode 1808-1811 Bernama Herman Willem Daendels(1762-1818) adalah orang yang kejam,Hanya memberikan kesengsaraan Untuk bangsa Indonesia.
Orang yang membangun Jalan raya Pos yang saat ini selalu padat ini walau banyak mengorbankan jiwa Rakyat pribumi Dua Abad kemudian Begitu bermanfaat untuk rakyat Indonesia Dan siapa pula yang bicara bahwa Ini adalah kerja paksa? Buktinya rakyat diberi upah 10 sen ditambah dengan jatah bahan pangan setiap minggu.
Dan yang membuat heran lagi Sejarawan Indonesia tidak pernah menyebutkan manfaat jalan raya pos yang di bangun oleh daendels padahal setelah proyek ini selesai
hasil produk kopi dari pedalaman Priangan semakin banyak yang diangkut ke pelabuhan Cirebon dan Indramayu padahal sebelumnya tidak terjadi dan produk itu membusuk di gudang-gudang kopi Sumedang, Limbangan, Cisarua dan Sukabumi. Begitu juga dengan adanya jalan ini, jarak antara Surabaya-Batavia yang sebelumnya ditempuh 40 hari bisa dipersingkat menjadi 7 hari. Ini sangat bermanfaat bagi pengiriman surat yang oleh Daendels kemudian dikelola dalam dinas pos.
Selain jalan raya pos orang ini pun Membangun pabrik senjata di Surabaya,di semarang ia membuat pabrik meriam Di Batavia(Jakarta) ia membangun sekolah militer Jadi siapa lagi yang mau menyebut daendels Hanya memberikan efek negatif untuk bangsa Indonesia?.

Komentar

  1. semua pasti ada hikmahnya..to..tinggal bagaimana kita memandang

    BalasHapus
  2. saya tetap berpendapat Daendels kejam to, tapi kejamnya seperti Shih Huang Ti yang membangun tembok besar di Cina. Kalo kata Pak Fadel Muhammad, kadang kita harus otoriter untuk sesuatu yang baik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Dilarang menggunakan bahasa tidak baik seperti sara,porno

Postingan Populer